Selamat datang di Blog Arciko Cyber (Powered @ by.Poernama Sidik)

4 Alasan Kenapa Google Mengabaikan Anchor Text Pada Tautan (Link)


Anchor text, atau teks yang terdapat pada tautan yang mengarah ke website anda memiliki efek besar terhadap posisi situs anda di halaman hasil pencarian (SERP) Google.
Misalkan banyak situs lain yang menggunakan anchor text “buy blue band” untu
k menaut ke situs anda, maka besar kemungkinannya halaman anda yang ditaut tersebut mendapat posisi tinggi untuk frase “buy blue band” pada SERP Google.
Contoh kode HTML sebuah anchor text:
<a href=”http://www.myyoursite.com”>this is the anchor text</a>
Sayangnya tidak semua anchor text akan dinilai oleh Google. Perhatikan hal-hal berikut:

1. Atribut nofollow

Sudah sangat jelas, anchor text pada tautan yang mengandung atribut rel=”nofollow” tidak akan mempengaruhi Google. Misal:
<a href=”http://www.myyoursite.com” rel=”nofollow”>great keyword</a>

2. Karakter invalid pada URL

Sebuah URL yang mengandung karakter invalid tambahan kemungkinan mesin pencari tidak akan dapat mengindeksnya secara benar. Misal:
<a href=”http://www.myyoursite.com “>great keyword</a>
Pada contoh ini terdapat spasi pada akhir URL.
Perhatikan bahwa kebanyakan browser modern mampu memperbaiki kesalahan kecil ini dan menampilkan halaman dimaksud secara benar. Sayangnya, bot mesin pencari tampaknya kesulitan dengan masalah sederhana ini (atau sengaja melihatnya sebagai tanda kualitas rendah).

3. Tautan menggunakan 301 redirects

Matt Cutts dari Google mengkonfirmasi hal ini bahwa Google tidak akan memperhitungkan semua anchor text yang digunakan pada 301 redirects. Misal:
<a href=”http://www.myyoursite.com/page.htm”>great keyword</a>
Server web me-redirect “http://www.myyoursite.com/page.htm ke “http://www.myyoursite.com dengan 301 redirect, maka besar kemungkinannya Google tidak akan memperhitungkan link tersebut.

4. Hanya tautan pertama yang dilihat

Kalau sebuah halaman menaut lebih dari satu kali ke halaman yang sama maka Google akan menggunakan tautan (dan anchor text) yang muncul pertama dan mengabaikan yang lainnya. Misal:
<a href=”http://www.myyoursite.com”>This</a> is an example. The link text <a href=”http://www.myyoursite.com”>great keyword</a> will be ignored by Google.
Tautan pertama dan kedua menaut ke URL yang sama. Pada kasus seperti ini Google hanya akan memperhatikan tautan yang pertama dengan teks “This”. Tautan dan anchor teks berikutnya akan diabaikan.
Tautan adalah faktor paling penting kalau bicara soal mendapat ranking di Google dan mesin pencari utama lainnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan masukan komentar anda...

Semoga Artikel Artikel Arciko Cyber menjadi bermanfaat buat anda dan jangan terlalu cepat, budayakanlah membaca....