Selamat datang di Blog Arciko Cyber (Powered @ by.Poernama Sidik)

Cara Membuat Surat lamaran kerja di Ms. Word


Artikel berikutnya dalam Tips Ms. Word adalah cara membuat surat lamaran kerja
Silahkan simak artikel yang kami persembahkan buat agan agan sekalia,,
cikidooottttt..........


A. Mengatur lembar kerja

Perlu dilakukan pengaturan ruang kerja di lembar kerja anda, hal ini membantu dalam aktivitas pengetikan dan pengeditan lembar kerja. Beberapa hal utama yang perlu dilakukan adalah:


1. Untuk memudahkan pengetikan di lembar kerja, munculkan “Ruler” dengan cara klik menu View > kemudian klik Ruler.




2. Untuk memudahkan pengukuran dokumen kerja anda, diperlukan merubah pengukuran dari inchi ke centimeter. Klik File > Option > Advanced




Lalu menuju ke Display di bagian Advanced (di bawah) dan pilih di “Show measurements in units of” pilih Centimeters.

3. Secara default Word mengaktifkan menu untuk membantu agar tidak muncul garis merah dan garis hijau di lembar kerja, klik menu Review > Spelling&Grammar. Lalu muncul kotak dialog:




Klik tombol Option. Lalu muncul kotak option di bawah ini:




Kemudian hilangkan tanda centang pada “Check spelling as you type” dan “Mark grammar error as you type”.

4. Langkah selanjutnya anda harus mengatur ukuran kertas, klik Page Layout > Size, lalu pilih jenis kertas yang sesuai. Pilih ukuran standar kertas A4, seperti di bawah ini:




5. Kemudian atur margin lembar kerja yang merupakan pengaturan batas kiri, kanan, atas dan bawah kertas. Klik Page Layout > Custom Margins.




Lalu isikan dengan nilai berikut: Top: 3cm, Left: 4cm, Bottom: 3cm, Right: 2cm. Lalu klik Ok.

6. Langkah terakhir adalah mengatur spasi baris, pada menu home







B. Membuat Surat Lamaran Bekerja

Setelah kita mengatur lembar kerja di atas, langkah selanjutnya adalah membuat surat lamaran bekerja. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Ketikkan dokumen berikut:

Medan, 27 Juni 2011
Kepada Yth,
Manager Komunikasi PT Jayabaya Sumatera
Di tempat


Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

2. Kemudian buatlah pengaturan tabulasi rata kanan dengan mengklik langsung di ruler di lembar kerja anda, seperti di bawah ini:


Kemudian ketikkan dokumen di bawah ini:


Nama <tekan tab> : <tekan tab> Amrin Amran (Demikian juga kalimat di bawah ini)

Pendidikan Akhir : S1 Ekonomi Universitas Budi Perkasa
Alamat : Jl.B.Katamso Gg. Kopi No. 19
Telepon : 081233322199

Dengan ini mengajukan lamaran bekerja sebagai Divisi Komunikasi di perusahaan Bapak. Usia saya 22 tahun, belum menikah dan memiliki kesehatan yang sangat baik, dedikasi yang tinggi, disiplin, loyalitas terhadap pekerjaan, mampu bekerja dalam tim, dan saya bersedia ditempatkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini beberapa ijazah yang saya miliki:
1. Ijazah Sarjana.
2. Transkrip Nilai Sarjana.
3. Sertifikat kursus Computer Microsoft Office.
4. Sertifikat kursus Bahasa Inggris.
5. Kartu Tanda Penduduk, SIM A dan SIM C.

Demikian permohonan ini saya sampaikan, besar harapan saya semoga Bapak dapat mempertimbangkannya. Atas segala perhatian Bapak, saya haturkan terima kasih.


Hormat saya


Amrin Amran


3. Setelah selesai mengetik dokumen di atas pastikan rapi dan pastikan telah anda pilih rata kanan dan penomoran yang benar. Untuk melihat apakah hasil kerja anda bagus, bisa menekan CTRL+SHIFT+8, untuk mengetahui karakter-karakter yang kemungkinan kurang tepat dalam dokumen.

4. Jika sudah selesai, silahkan simpan hasil kerja anda.

SEMOGA BERMANFAAT.....

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan masukan komentar anda...

Semoga Artikel Artikel Arciko Cyber menjadi bermanfaat buat anda dan jangan terlalu cepat, budayakanlah membaca....