Selamat datang di Blog Arciko Cyber (Powered @ by.Poernama Sidik)

Cara Mudah Membuat Nomor Halaman dengan Nomor Bab di Ms Word



             Ketika membuat laporan kerja praktek / PKL, skripsi, ataupun thesis kita membutuhkan penomoran halaman dengan mengikutsertakan nomor Bab. Kelebihan penggunaan nomor halaman dengan menggunakan nomor bab adalah kita bisa menghemat pencetakan ulang dokumen bila terjadi kesalahan. Misalkan terjadi kesalahan pada bab II, maka hanya bab II saja yang kita ubah, bab yang lain tetap. Tetapi bila kita menggunakan penomoran urut, bila Bab II berubah, maka bab III, IV dan seterusnya kan ikut berubah dan harus kita cetak ulang. Cara membuat penomoran halaman di setiap versi Microsoft Word belum tentu sama, meskipun demikian semuanya memiliki konsep yang sama, yakni penggunaan field. Untuk pembuatan nomor halaman dengan nomor Bab di Microsoft 2007 dapat digunakan langkah-langkah berikut.

Klik tab menu Insert.
Klik tombol Page Number
Lalu klik item Bottom of page untuk menyisipkan nomor halaman di bagian bawah halaman. Bila anda ingin menyisipkan nomor halaman di bagian atas halaman maka anda harus memilih Top Of Page
Kemudian pilih bentuk plain number 2 untuk menyisipkan nomor halaman di tengah-tengah. Bila anda ingin menyisipkan nomor halaman di bagian kiri, pilih plain number 1, bila ingin menyisipkan nomor di bagian kanan pilih plain number 3. Bila langsung anda klik, nomor halaman akan otomatis disisipkan dibagian bawah halaman dengan posisi ditengah-tengah (center).

Selanjutnya, kita masuk dalam mode pengeditan header dan footer. Jika anda belum masuk ke dalam mode pengeditan header dan footer, klik ganda (double click) saja pada nomor halaman yang baru anda buat tadi.
Misalkan kita sedang mengedit bab II, maka sebelum teks nomor nomor halaman, kita tambahkan “II -”, sehingga akan tampak menjadi II-1. Ingat angka satu tersebut bukan teks biasa, tetapi merupakan sebuah field. oleh karena itu angka tersebut jangan dihapus atau diganti dengan angka 1 biasa.
Selanjutnya pada Ribbon Header & Footer Tools, klik tombol close header and footer untuk menutup pengeditan header dan footer serta kembali mengedit isi dokumen laporan kita.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan masukan komentar anda...

Semoga Artikel Artikel Arciko Cyber menjadi bermanfaat buat anda dan jangan terlalu cepat, budayakanlah membaca....