Sistem rem termasuk bagian sepeda motor second
yang penting dan vital karena menyangkut keamanan pengendara. Salah
satu gangguan yang terjadi pada system rem cakram adalah rem seret meski
tidak dioperasikan, sehingga menyebabkan putaran roda seret dan
piringan/discnya panas. Jika didiamkan gambaran paling extrimnya
piringannya bisa melengkung karena panas terkena gesekan kampas rem
terus menerus, dan rem cakram mengunci, sehingga bisa menyebabkan
pengendara jatuh terpelanting.
Berikut cara mengatasi masalah rem cakram motor second macet : Rem
cakram yang seret mudah dikenali, yaitu ketika motor di dorong dalam
kondisi mesin dimatikan terasa berat, karena ibaratnya ngerem terus.
Cara yang paling mudah, motor distandarkan 2 trus roda diputar maka akan
ketahuan seret atau tidaknya.
- Pemasangan kampas rem cakram yang baru sekalipun perlu juga dicek apakah kampas tersebut sudah presisi atau belum. Apabila belum presisi, maka dibuat presisi terlebih dahulu, dipukul pakai palu atau dicepit ragum agar rata,rapat dan presisi.
- Bagian pinggir piston yang ada di caliper dilumuri oli, tapi jangan banyak-banyak cukup di sisi pistonya.
- Per plat kampas rem juga dicek masih normal apa tidak?, karena per tempat duduk kampas yang miring juga bisa menjadi sebab.
- As dudukan kampas rem lumuri vaselin atau oli agar memudahkan kampas bergerak dan tidak macet.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Silahkan masukan komentar anda...