Selamat datang di Blog Arciko Cyber (Powered @ by.Poernama Sidik)

Membuat Variasi Teks dengan Blender

Ini adalah tutorial Blender saya yang ketiga. saya berharap, semuanya bermanfaat dan bisa membantu dalam mempelajari Software Open Source ini...

Ok, pada tutorial Blender kali ini, saya mencoba menjelaskan cara membuat variasi teks dengan menggunakan Blender tentunya. tidak hanya membuat teks-nya saja, tapi juga cara mengubah teks tersebut menjadi mesh dan memisahkan masing-masing huruf menjadi objek berbeda. hasil akhir yang saya dapat adalah seperti ini:

Ok, langsung saja ke tutorial bang . . .

1. Pertama buka Blender, secara default akan ada objek box atau kotak di viewport. Tekan saja tombol Delete untuk menghapusnya, karena kita gak akan menggunakan objek ini.


2. Ok, setelah viewport bersih klik menu Add > Text maka akan muncul objek teks di tengah-tengah viewport seperti gambar dibawah.


3. Tekan tombol R lalu tombol X dan geser pointer untuk memutar objek teks tersebut. Pastikan objek diputar sebesar 90 derajat (lihat daerah yang dilingkari merah untuk melihat seberapa besar perputaran objek).

4. anda bisa mengganti teks tersebut dengan huruf apa saja. Caranya, cukup tekan tombol Tab dan ketikkan huruf yang anda inginkan tersebut.


5. Setelah selesai mangganti huruf, tekan lagi tombol Tab. Pada panel Properties, klik tombol Object Data. Disini, anda bisa mengatur ketebalan objek dengan mengatur parameter Extrude. Saya mengatur Extrude = 0.1 dengan jenis Font = Arial.

6. Sebenarnya, sampai disini anda sudah berhasil membuat teks di Blender. Sekarang kita akan membuat variasi rotasinya.

Seleksi objek teks, lalu Tekan tombol Alt+C lalu pilih Mesh from Curves/Meta/Surf/Text. Ini akan merubah bentuk objek teks menjadi mesh.


7. Klik tombol Tab untuk beralih ke Edit Mode. Klik tombol Z untuk membuat objek transparan, dan Klik tombol B lalu blok/seleksi huruf pertama (dalam kasus ini huruf ‘P’) sehingga hanya satu huruf saja yang terseleksi. Klik tombol P dan pilih Selection. Proses ini adalah untuk memisahkan masing-masing huruf menjadi objek tunggal.

8. Klik tombol B lalu blok/seleksi huruf kedua (dalam kasus ini huruf ‘E’). Klik tombol P dan pilih Selection.  Lakukan proses ini pada semua huruf (kecuali huruf terakhir).


9. Setelah selesai melakukan proses diatas, klik tombol Tab untuk beralih ke Object Mode, dan klik tombol Z supaya objek terlihat solid kembali. Coba seleksi masing-masing huruf, sekarang semua huruf menjadi objek yang terpisah.

10. Masalahnya adalah, ketika kita memutar salah satu huruf, maka objek berputar dengan aneh. Ini karena semua objek huruf, mempunyai titik pusat gerakan yang sama, yaitu di sebelah kiri.


11. Supaya titik pusat gerakan (Pivot / Origin) berada ditengah-tengah objek, klik tombol   Ctrl+Shift+Alt+C lalu pilih Origin to Geometry. Sekarang, coba putar kembali objek . . .


12. Buat variasi putaran pada masing-masing huruf secara acak, seperti gambar dibawah. Gunakan tombol R, lalu geser pointer sedikit.

13. jujur, saya kurang pahim dengan teknik rendering (khususnya pencahayaan). Jadi hasilnya mungkin tampak kurang penomenal :-D hahaa… saya hanya mengatur sudut pandang kamera menjadi didepan objek, dengan dua buah lampu (tipe = Sun) yang menyorot objek teks dari atas dengan posisi yang satu di sebelah kiri, dan satu lagi di kanan.

14. Dan, tekan tombol F12 untuk merendernya. Saya mendapatkan hasil seperti ini.


Anda bisa membuat huruf warna-warni dengan memberikan material berbeda pada masing-masing huruf. untuk memberikan material, saya belum membuat tutorialnya, insya Allah akan saya bahas pada tutorial berikutnya.

Ok, hanya ini yang bisa saya jelaskan. kalau penjelasannya kurang bisa dimengerti anda bisa bertanya lewat komentar atau bisa langsung kirim pesan ke saya lewat FB. semoga bermanfaat . . .

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan masukan komentar anda...

Semoga Artikel Artikel Arciko Cyber menjadi bermanfaat buat anda dan jangan terlalu cepat, budayakanlah membaca....